Latest Updates

Pengertian dari QSL injection,Dos,Social enginering,Deface,Firewall,Routing

Pengertian dan fungsi SQL Injection

sqlinjection-300x188
SQL Injection Sering digunakan untuk menjebol atau merusak database suatu website atau blog. Setalah membahas ulasan dibawah ini anda dapat memperbaiki sistem keamanan blog/ website anda agar terhindar dari orang- orang jahil yang merusak atau mengubah file- file data base anda.
Pengertian Dari SQL Injection Atau Injeksi SQL - Injeksi SQL atau SQL Injection (Dalam bahasa inggris) adalah sebuah teknik dimana dengan menggunakan/menyalahgunakan sebuah celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah aplikasi/web server. Celah ini terjadi ketika login/masukan pengguna.
Tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan. Ini sebenarnya adalah suatu contoh dari sebuah kategori celah keamanan yang lebih umum yang dapat terjadi setiap kali sebuah bahasa pemrograman atau skrip(Script) diimbuhkan/dimasukan di dalam bahasa yang lain.
(Source Wikipedia)
SQL Injection adalah jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang/attacker bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem(Sistem Utama). SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam arti bahwa penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan Common dalam serangan XSS.
SQL Injection atau Injeksi SQL exploits dan sejenisnya adalah hasil interfacing sebuah bahasa lewat informasi melalui bahasa lain . Dalam hal SQL injection, sebuah bahasa pemrograman seperti PHP atau Perl mengakses database melalui SQL query. Jika data yang diterima dari pengguna akhir yang dikirim langsung ke database dan tidak disaring dengan benar, maka yang penyerang dapat menyisipkan perintah SQL nya sebagai bagian dari input.
(de-kill.blogspot.com)
Lebih singkatnya
 SQL Injection adalah salah satu teknik yang sering di gunakan untuk menyerang sebuah situs web. dengan cara ini memungkinkan seseorang dapat login tanpa harus memiliki akun di sebuah web site Selain itu SQL injection juga memungkinkan seseorang merubah, menghapus, maupun menambahkan data–data yang berada didalam database bahkan pula dapat mematikannya.
PENGERTIAN DOS
DOS adalah (merupakan) sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI. Berikut ini fungsi-fungsi DOS.
• Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
• Mengatur memori
• Mengatur proses input dan output data
• Management file
• Management directory
Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :
MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.
MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh computer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang di sebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yangs seolah menguasi dunia.
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat computer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang di kepalai oleh Tim Patterson—yang belakangan di rekrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS—pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengan harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.
PENGERTIAN SOCIAL ENGINERING
Kelengahan user merupakan senjata ampuh yang biasa digunakan cracker untuk melakukan penyerangan. Bagaimanakah tahap-tahap yang umumnya digunakan para cracker dengan mengandalkan kelengahan user ini?
Social engineering adalah faktor manusia (human factor) yang menyebabkan kebobolan pada sistem dan network dari suatu perusahaan. Perusahaan yang sudah memiliki proses autentikasi, firewall, virtual private network, atau bahkan software network monitoring yang paling canggih sekalipun masih rentan terhadap serangan yang menggunakan metode ini. Seorang karyawan mungkin saja memberikan informasi rahasia perusahaan tanpa menyadarinya. Entah mungkin melalui e-mail, telepon, atau dengan orang yang belum dikenal sekalipun. Hal ini umumnya terjadi karena manusia mempunyai sifat sosial yang tinggi dan cenderung suka berinteraksi dengan orang lain. Di samping itu juga orang seringkali salah menafsirkan seseorang dengan hanya mengira-ngira berdasarkan ciri-ciri fisik saja.Misalkan saja, kita akan spontan membantu membukakan pintu apabila ada orang yang datang mengangkut beberapa boks berukuran besar, karena mengira orang tersebut adalah seorang kurir yang sedang mengantarkan barang.
Seringkali orang secara tidak sadar membocorkan informasi penting yang dapat digunakan oleh cracker untuk melakukan pembobolan terhadap suatu sistem komputer. Seorang cracker yang sudah terlatih dan menguasai teknik social engineering dapat mengumpulkan data yang cukup lengkap dari korbannya hanya melalui percakapan, tanpa disadari korbannya bahwa dia sedang diinterogasi. Beberapa perusahaan yang sudah memiliki website sekalipun terkadang tanpa ragu-ragu mempublikasikan data pribadi karyawan atau bahkan pemilik perusahaan tersebut, seperti data jabatan, nomor telepon, alamat email, atau bahkan alamat tempat tinggalnya.
Seorang cracker yang sedang mengincar untuk membobol suatu perusahaan bahkan dapat memanfaatkan informasi yang secara tidak sadar dibocorkan sendiri oleh perusahaan yang bersangkutan pada saat memasang iklan lowongan kerja di media massa, dengan mempublikasikan sistem yang harus dikuasai oleh pelamar kerja yang bersangkutan (contohnya UNIX,WINDOWS 2000, ORACLE, SQL, dll). Perpaduan Seni dan Keahlian Social engineering adalah paduan antara seni dan keahlian (art & science) untuk mempengaruhi seseorang agar menuruti segala permintaan cracker. Social engineering bukan merupakan salah satu bentuk hipnotis atau kontrol pikiran, di mana korbannya diminta untuk melakukan halhal di luar kebiasaan normal. Dua terminologi penting yang mendefinisikan
social engineering adalah:
- Social engineering merupakan salah satu trik yang digunakan oleh cracker untuk mengumpulkan informasi dari seseorang. Bukan membobol suatu sistem.
- Subversi Psychology adalah bentuk yang digunakan pada social engineering yang secara jangka panjang berusaha untuk menjaga secara kontinu alur informasi dan bantuan dari user.
Social engineering menekankan penyerangan pada sambungan yang paling lemah pada rantai keamanan komputer. Manusia pada umumnya adalah titik lemah pada sambungan tersebut. Usaha untuk mempengaruhi seseorang agar mau diminta untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama yang paling mudah dan jelas adalah dengan melalui permintaan secara langsung, dimana seseorang diminta secara langsung untuk menjalankan serangkaian tugas tertentu. Cara tersebut umumnya mudah diketahui atau disadari oleh korbannya, namun merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Cara kedua adalah dengan menciptakan suatu kondisi di mana target dibuat ikut serta. Pada cara kedua ini, cracker membuat alasan yang lebih sesuai daripada alasan personal yang digunakan pada cara pertama. Cara kedua ini lebih sulit untuk dilakukan, namun keuntungannya, dengan cara ini kita dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap.
Social engineering dapat dibagi menjadi dua tipe :
1. Social engineering yang didasarkan pada sisi manusianya (human based social engineering)
2. Social engineering yang didasarkan pada sisi teknis atau komputernya (computer based social engineering)
Human based social engineering melibatkan interaksi antara manusia yang satu dengan yang lainnya.
Sementara computer based social engineering bergantung pada software yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan.
Gartner Research mencatat bahwa ada enam sifat manusia yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses social engineering:
- Reciprocation (Timbal Balik)
Contoh: Kita cenderung untuk membeli suatu produk tertentu setelah diberikan sample gratis sebelumnya.
- Consistency (Konsistensi)
Contoh: Pada saat kita sedang mengajukan suatu pertanyaan dan menunggu beberapa saat, orang yang ada di sekitar kita akan berusaha untuk mengutarakan suatu komentar atau berusaha untuk menjawab.
- Social Validation (Validasi Sosial)
Contoh: Umumnya kita cenderung untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain.
Liking (Kesukaan)
Contoh: Kita cenderung untuk mengatakan “ya” atau “setuju” kepada orangorang yang dekat dengan kita atau pada orang yang kita suka.
- Authority (Kekuasaan)
Contoh: Kita cenderung untuk mengikuti atau menuruti anjuran atau daran dari orang yang memiliki kedudukan atau posisi yang cukup tinggi.
- Scarcity (Kelangkaan)
Contoh: Kita cenderung lebih menghargai sesuatu atau menjadi lebih menginginkan sesuatu yang jarang ada atau langka di pasaran.
Human based social engineering dapat dikategorikan menjadi lima jenis :
- Impersonation (Pemalsuan)
Contoh: Cracker menyamar sebagai salah seorang karyawan dari suatu perusahaan, petugas kebersihan, kurir pengantar barang, dan sebagainya.
- Important User (Menyamar sebagai orang penting)
Contoh: Cracker menyamar sebagai seorang yang memiliki kedudukan tinggi di perusahaan dan kemudian berusaha untuk meng-intimidasi karyawan atau bawahannya untuk mengumpulkan informasi dari mereka.
- third party Authorization (Pemalsuan otorisasi)
Contoh: Cracker berusaha meyakinkan target atau korbannya untuk memberikan informasi yang diperlukan dengan mengatakan bahwa ia telah diberi otorisasi
penuh oleh seseorang untuk menanyakan hal tersebut.
- Technical support (Menyamar sebagai bagian technical support)
Contoh: Cracker menyamar sebagai salah satu dari tim teknisi dan berusaha mengumpulkan informasi dari korbannya.
- In Person (Mendatangi langsung ke tempat korban)
Contoh: Cracker mendatangi langsung tempat atau lokasi korbannya untuk mengumpulkan informasi dari lokasi di sekitar tempat korbannya, antara lain dengan menyamar sebagai petugas kebersihan dan mencari atau mengumpulkan data/informasi dari tempat sampah yang ada di tempat korban (dumpster diving), atau berusaha melihat sekeliling pada saat user sedang mengetikkan password di komputernya (shoulder surfing).
Beberapa aturan yang dapat mencegah atau setidaknya mengurangi akibat atau kerusakan yang dapat terjadi pada human based social engineering adalah:
- Semua pengunjung yang bukan karyawan internal dari perusahaan harus selalu dikawal selama berada di dalam perusahaan.
- Segera laporkan apabila secara tibatiba perusahaan Anda kedatangan tamu yang mengaku sebagai petugas kebersihan, atau siapa saja yang datang tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Periksa dengan teliti identitas mereka.
- Kunci selalu ruangan tempat penyimpanan data atau peralatan penting, seperti server, pabx, ruang filing, dan sebagainya.
- Buat daftar inventaris dari semua barang yang ada di dalam perusahaan. Lakukan pemeriksaan dan laporkan setiap kehilangan barang yang terjadi.
Computer based social engineering dapat dikategorikan menjadi empat jenis:
- Mail/IM (instant masanger Attachment)
Setiap karyawan umumnya sering atau setidaknya pernah menggunakan software e-mail atau instant messenger (chatting). Melalui fasilitas semacam itu seorang cracker dapat dengan mudah mengirimkan suatu file attachment berisi trojan, virus atau worm dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dari komputer korban.
- Pop-Up Windows
Cracker dapat membuat suatu software untuk menipu user agar memasukkan username dan password miliknya dengan menggunakan pop-up window pada saat
user sedang menggunakan komputer.
- Websites
Cracker dapat membuat suatu website tipuan untuk menarik user agar memasukkan alamat e-mail dan password pada saat mendaftar (register) untuk memperoleh
hadiah, misalnya. Biasanya password yang digunakan oleh kebanyakan user adalah sama dengan password yang digunakan di PC kantor.
- Spam email
Cracker dapat mengirimkan e-mail berisi attachment yang mengandung virus atau trojan. Virus atau trojan ini dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan informasi
yang terdapat di komputer user (korban).
Reverse Social Engineering
Reverse social engineering merupakan suatu bentuk social engineering tingkat tinggi.Proses yang dilakukan merupakan kebalikan dari social engineering biasa. Pada reverse social engineering cracker berusaha menciptakan suatu situasi sedemikian rupa sehingga target atau korban akan berusaha untuk menghubunginya untuk meminta bantuan, bukan sebaliknya. Contoh kasus, seorang cracker mengirimkan suatu virus kepada target korbannya sehingga komputer korban rusak terinfeksi oleh virus. Pada tahap ini, korban akan berusaha untuk mencari bantuan dan sang cracker menyamar sebagai seorang dari tim support yang berusaha memberikan bantuan. Target kemudian secara tidak sadar akan mengikuti semua perintah atau petunjuk dari cracker yang akan memudahkan cracker tersebut mengumpulkan informasi.
PENGERTIAN DEFACE
Ada berbagai banyak jenis-jenis Cyber Crime tetapi kami akan fokuskan pada “Unauthorized Access to Computer System and Service”. Gampangnya sebut saja pembajakan/hijack/hack.
Deface termasuk dalam tindakan pembajakan karena sasaran yang dituju adalah dengan menyusup ke web seseorang dan mengubah informasi yang ada di dalamnya. Biasanya halaman web yang telah di-deface akan diubah oleh pelaku kejahatan.
Deface adalah suatu aktivitas mengubah halaman depan atau isi suatu situs Web sehingga tampilan atau isinya sesuai dengan yang anda kehendaki.
Metode kejahatan deface adalah mengubah tampilan sesuai keinginan pelaku kejahatan. Bisa menampilkan tulisan-tulisan provokative atau gambar-gambar lucu. Merupakan salah satu kejahatan didunia maya yang paling favorit karena hasil kejahatan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat.
Deface banyak terjadi pada situs e-commerce web yang menggunakan Microsoft IIS. Ini dikarenakan adanya bug pada IIS yang dikenal sebagai unicode bug. Dengan adanya bug ini seseorang dapat mengakses command line shell cmd.exe pada server keluarga Windows NT.
PENGERTIAN FIREWALL
Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet.Firewall didesain untuk mengijinkan trusted data atau data yang dipercaya lewat, menolak layanan yang mudah diserang, mencegah jaringan internal dari serangan  luar yang bisa menembus firewall setiap waktu.
Umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap modal digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker (peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya) menjadi wajib.
F
Komponen Sistem Firewall
Firewall dapat berupa PC, router, midrange, mainframe, UNIX workstation, atau gabungan dari yang tersebut diatas.Firewall dapat terdiri dari satu atau lebih komponen fungsional sebagai berikut :
- Packet-filtering router
- Application level gateway (proxy)
- Circuit level gateway
Contoh Tipe Firewall
Firewall terdiri dari satu atau lebih elemen software yang berjalan pada satu atau lebih host.
Tipe-tipe firewall adalah  sebagai berikut:
- Packet-filtering Firewall
- Dual-homed Gateway Firewall
- Screened Host Firewall
- Screened Subnet Firewall
Packet-filtering Firewall 
•Terdiri dari sebuah router yang diletakkan diantara jaringan eksternal dan jaringan internal yang aman.
•Rule Packet Filtering didefinisikan untuk mengijinkan atau menolak traffic.
Dual-homed Gateway Firewall
•Dual-home host sedikitnya mempunyai dua interface jaringan dan dua IP address.
•IP forwarding dinonaktifkan pada firewall, akibatnya trafik IP pada kedua interface tersebut kacau di firewall karena tidak ada jalan lain bagi IP melewati firewall kecuali melalui proxy atau SOCKS.
•Serangan yang datang dari layanan yang tidak dikenal akan diblok.
A
Screened Host Firewall
•Terdiri dari sebuah packet-filtering router dan application level gateway
•Host berupa application level gateway yang dikenal sebagai “bastion host”
•Terdiri dari dua router packet filtering dan sebuah bastion host
Screened Subnet Firewall
•Menyediakan tingkat keamanan yang tinggi daripada tipe firewall yang lain
•Membuat DMZ(Demilitarized Zone) diantara jaringan internal dan eksternal,sehingga router luar hanya mengijinkan akses dari luar bastion host ke information server dan router dalam hanya mengijinkan akses dari jaringan internal ke bastion host
•Router dikonfigurasi untuk meneruskan semua untrusted traffic ke bastion host dan pada kasus yang sama juga ke information server.
S.
PENGERTIAN ROUTING
Konsep dasar routing
Bahwa dalam jaringan WAN kita sering mengenal yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai alamat sehingga pengiriman paket data dapat sampai ke alamat yang dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masingmulai dari penerimaan paket data sampai pengiriman paket data dalam sistem sehingga jika terjadi permasalahan dalam pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data routing dibedakan menjadi routing lansung dan routing tidak langsung.
  • Routing langsung merupakan sebuah pengalamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Contoh: sebuah komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirimkan data ke komputer dengan alamat 192.168.1.3
  • Routing tidak langsung merupakan sebuah pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat hort tujuan. (contoh: komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirim data ke komputer dengan alamat 192.1681.3, akan tetapi sebelum menuju ke komputer dengan alamat 192.168.1.3, data dikirim terlebih dahulu melalui host dengan alamat 192.168.1.5 kemudian dilanjutkan ke alamat host tujuan.
Jenis Konfigurasi Routing
  1. Minimal Routing merupakan proses routing sederhana dan biasanya hanya pemakaian lokal saja.
  2. Static Routing, dibangun pada jaringan yang memiliki banyak gateway. jenis ini hanya memungkinkan untuk jaringan kecil dan stabil.
  3. Dinamic Routing, biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Dinamic routing memerlukan routing protocol untuk membuat tabel routing yang dapat memakan resource komputer.

SUMBER : http://farihbaidhowy.wordpress.com/2013/03/02/pengertian-dari-qsl-injectiondossocial-engineringdefacefirewallrouting-2/

1 Response to "Pengertian dari QSL injection,Dos,Social enginering,Deface,Firewall,Routing"

  1. selain mengunci ruangan tempat penyimpanan data atau peralatan penting, seperti server, pabx, ruang filing, dan sebagainya, apakah ada cara lain untuk mengamankan barang2 dia atas itu?

    ReplyDelete

Selamat Datang Di Blog Saya
Thanks for visiting ~

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

Rules:

- Blogger yang baik adalah blogger yang meninggalkan jejak
- Anda komentar dan follow blog saya, saya komen balik and follow blog anda
- No spam, No flood, No junk, No iklan, No SARA,No s*x,
- Dilarang promosi agan/aganwati
- Jangan menggunakan Live Link !
- Gunakan bahasa yang sopan
- Live Link akan Terhapus Otomatis
- Gunakan Name URL Agar Mudah Blog Walking , tetapi jangan Melakukan SPAM !!
- Blog Ini Dofollow jadi Berkomentarlah dengan Sopan!!
THANKS!